#menu { background: #333; float: left; list-style: none; margin: 0; padding: 0; width: 100%; } #menu li { float: left; font: 67.5% "Lucida Sans Unicode", "Bitstream Vera Sans", "Trebuchet Unicode MS", "Lucida Grande", Verdana, Helvetica, sans-serif; margin: 0; padding: 0; } #menu a { background: #333 url("http://i47.tinypic.com/n1bj0j.jpg") bottom right no-repeat; color: #ccc; display: block; float: left; margin: 0; padding: 8px 12px; text-decoration: none; } #menu a:hover { background: #2580a2 url("http://i49.tinypic.com/2vjbz4g.jpg") bottom center no-repeat; color: #fff; padding-bottom: 8px;

Kamis, 05 Juli 2012

Front Mahasiswa Sumbawa Demo Tolak PT Newmont

awam green,
Sejumlah aktivis Front Mahasiswa Sumbawa (FMS), Rabu siang (4/7/2012) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor perwakilan perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). Mereka menolak keberadaan PT NNT di wilayahnya karena dianggap tidak memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar, juga merusak lingkungan.

Aksi di depan perwakilan kantor Newmont di Mataram ini dilakukan mahasiswa sambil mengusung sebuah spanduk yang bertuliskan "Usir Newmont dari Bumi NTB". Koordinator aksi, Syamsul dalam orasinya mendesak agar perusahaan tambang ini hengkang dari NTB. Mereka juga mengingatkan agar perluasan tambang di kawasan hutan Elang Dodo Rinti tidak dilanjutkan, karena akan merusak hutan masyarakat Sumbawa.

"Bahwa Newmont kami tolak. Kami usir dari Nusa Tenggara Barat, dan Newmont jangan melakukan eksplorasi di Elang Dodo Rinti, kami akan berperang melawan setan-setan kapitalis," teriak Samsul.
Massa FMS menilai bahwa manfaat perusahaan keruk batu hijau PT Newmont ini bagi kesejahteraan rakyat sekitar, lebih kecil dibandingkan jumlah tambang yang dikeruk perusahaan ini dari bumi Sumbawa. Sebagai simbol keterpurukan masyarakat atas keberadaan PT Newmont, massa FMS sempat melakukan aksi tidur di depan pintu gerbang kantor perwakilan PT NNT. Aksi ini dikawal ketat sejumlah aparat kepolisian.

Terkait aksi tersebut, Kepala Departemen Komunikasi PTNNT, Rubi Purnomo mengatakan bahwa saat ini kegiatan PT Newmont di Elang Dodo Rinti masih pada tahap ekplorasi, yang merupakan tahap awal kegiatan tambang. "Proses ini memang memerlukan waktu yang tidak sebentar, sebelum kita dapat melanjutkan ke tahap-tahap berikutnya yang diperlukan untuk menjalankan sebuah operasi tambang. Proyek batu hijau di Sumbawa Barat memerlukan waktu belasan tahun sebelum akhirnya dapat mulai berproduksi," kata Rubi.

Namun, walau masih pada tahap eksplorasi ini, PTNNT telah melakukan berbagai bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan membantu pemerintah dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya pembangunan jalan, pasar, masjid, puskesmas, gedung olahraga, gedung DPRD Sumbawa dan lainnya. Rubi menegaskan, PTNNT berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan eksplorasi secara bertanggungjawab. Untuk itu, diperlukan adanya dukungan pemerintah dan masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya sehingga PTNNT bisa berhasil dan memberikan kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat Sumbawa dan NTB.

Abdul Latif Apriaman
Editor : Farid Assifa 
www.kompas.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar