#menu { background: #333; float: left; list-style: none; margin: 0; padding: 0; width: 100%; } #menu li { float: left; font: 67.5% "Lucida Sans Unicode", "Bitstream Vera Sans", "Trebuchet Unicode MS", "Lucida Grande", Verdana, Helvetica, sans-serif; margin: 0; padding: 0; } #menu a { background: #333 url("http://i47.tinypic.com/n1bj0j.jpg") bottom right no-repeat; color: #ccc; display: block; float: left; margin: 0; padding: 8px 12px; text-decoration: none; } #menu a:hover { background: #2580a2 url("http://i49.tinypic.com/2vjbz4g.jpg") bottom center no-repeat; color: #fff; padding-bottom: 8px;

Senin, 05 November 2012

Bentrok Di Kabupaten Sigi Dan Kota Palu Patut Untuk Di Curigai

Sulawesi Tengah, 
Dalam beberapa bulan terakhir, sejumlah desa di kabupaten Sigi dan beberapa wilayah kelurahan di kota Palu diramaikan dengan berbagai rentetan masalah yang berujung pada bentrok yang melibatkan massa.

Bentrok antar warga di kabupaten Sigi maupun antar kelurahan di kota Palu akhir-akhir ini ternyata mampu menyedot perhatian. Sehingga situasi demikian membuat sebagian warga kota Palu dan kabupaten Sigi sedikit agak meresahkan dan meningkatkan kewaspadaan warga.

Oleh beberapa warga, situasi tersebut bukan saja menimbulkan keresahan ataupun kewaspadaan namun mulai berpikir kearah kecurigaan. Sebagian dari warga mengungkapkan pendapatnya bahwa situasi ini sepertinya sengaja diciptakan.


Kecurigaan beberapa warga tersebut, bukan tanpa alasan. Sebab dalam kurun 5 tahun terakhir ini, peristiwa bentrok antar warga meningkat dan anehnya peningkatan bentrok tersebut selalu terjadi pada bulan disetiap akhir tahun.

Ada beberapa hal yang penting untuk menjadi perhatian bersama antara lain; Petama : secara nasional di Indonesia, berbagai elemen baik ormas, mahasiswa, LSM, Organisasi Non Pemerintah (Ornop/NGO) dan sebagainya sedang melakukan upaya penolakan terhadap Rancangan Undang Undang tentang Keamanan Nasional (RUU KAMNAS). Kedua : di Sulawesi Tengah, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda Sulteng) sedang gencar – gencarnya mempromosikan Forum Bankamdes (Bantuan Keamanan Desa) yakni sebuah forum yang personilnya melibatkan warga. Ketiga : saat ini diwilayah Sulawesi Tengah utamanya di kabupaten Sigi telah diterbitkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) pada 10 perusahaan.
 
Atas hal-hal tersebut berkembang spekulasi – spekulasi warga bahwa ada sebuah kondisi yang diciptakan untuk membangun mindset masyarakat bahwa betapa pentingnya kebijakan dan program keamanan. Selanjutnya adanya upaya pengalihan perhatian warga terhadap kehadiran proyek investasi pertambangan yang sedang direncanakan disekitar dan didalam wilayah mereka dan spekulasi yang terakhir adalah politik proyek keamanan akhir tahun yang harus dikeluarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar